Sunday, January 26, 2020

Tips Liburan Murah ke Bandung

hi guys. tulisan ini akan menyampaikan pengalaman yang saya lakukan pada tahun 2018 tentang jalan - jalan ke Bandung dengan biaya yang minimal. saya berangkat dari Stasiun Gambir Jakarta ya ketika itu, jadi untuk kalian yang tinggal di Depok, Tangerang, dan Bekasi ada tambahan biaya ya menuju ke Stasiun Gambir Jakarta. ini murni pengalaman saya, jadi saya cuma akan maklum kalau ada diantara kalian yang punya versi lebih murah lagi. perjalanan ini saya lakukan berdua saja dengan istri, jadi kalau kalian bawa anak dan keluarga yang lain, bisa jadi tips saya tidak ideal untuk perjalanan kalian.

Naik kereta lebih nyaman dan murah

kereta jakarta bandung
sumber : traveloka.com
kereta jadi pilihan yang paling pas untuk menuju ke Bandung berdua dengan istri karena jumlah perjalanan kereta banyak dan waktunya pas untuk memulai libur, apalagi untuk libur akhir minggu.  kereta juga aman dari copet atau preman. saya sih sarankan ambil perjalanan paling pagi, gak apa kalau memang harus tidur dulu di stasiun, toh stasiun sekarang sudah netral alias hanya penumpang resmi yang bisa masuk area peron. saya cek di traveloka, kereta Argo Parahyangan berangkat jam 00:40 untuk berdua habis 220.000 sekali jalan. untuk balik ke Jakarta saya sarankan pakai mobil travel saja karena jadwalnya lebih banyak dan bisa sampai di titik antar terdekat dari rumah. biayan travel seperti Daytrans, Baraya, dan MGI berkisar di angka 60.000 sampai 90.000 per orang. kalau ditotal tiket pulang pergi jadi 400.000 rupiah.

Sewa motor untuk menyamar

sewa mobil di bandung
sumber : traveloka.com
selanjutnya untuk perjalanan di Bandung, saya sangat sarankan sewa motor maksimal 100.000 per hari. sewa motor ini sudah termasuk 2 helm dan 2 jas hujan ya. khusus jas hujan ini sepengalaman saya dapat yang model ponco atau batman, jadi lebih ringkas khususnya buat orang berbadan jumbo kayak saya. kalau memang sedang musim hujan atau kalian mau berwisata ke dataran tinggi yang rawan kabut dan hujan, serta jalan licin bisa juga keluar uang sedikit lebih banyak untuk sewa mobil 300.000 per hari. menyewa kendaraan dengan plat kendaraan setempat diyakini akan lebih aman untuk kalian karena bisa lebih berbaur. pastikan juga kalian menguasai google maps atau waze karena layout jalan di Bandung banyak yang satu arah dan berputar. tidak jarang juga saya menemukan akses jalan yang sangat sempit untuk papasan dua mobil, tapi ternyata itu jalan yang ramai.

Penginapan jangan kompromi

hotel murah di bandung
sumber : traveloka.com
untuk urusan akomodasi penginapan jangan pernah cari murahnya saja. cari yang dekat dengan lokasi wisata. cari yang nyaman. kalau dilihat - lihat sebenarnya selisih harga hotel itu tidak banyak, tapi kalau kita hanya cari murahnya yang ada nanti fasilitas yang kita terima mengecewakan. khusus untuk di Kota Bandung, saya cukup menyarankan hotel bisnis bintang 3 sudah cukup dengan harga tidak sampai 500.000 per malam. jangan kompromi karena berlibur 2 hari butuh tempat istirahat yang nyaman.

Wisata kuliner wajib hukumnya

selama di Kota Bandung saya mencoba kuliner lokalnya seperti lothek bandung dan bubur asli bandung. ada juga saat malam di Dago saya coba nasi goreng khas Bandung. memang kemanapun tujuannya, wisata kuliner selalu jadi prioritas karena sekarang ini makanan juga sudah menjadi bagian dari identitas suatu wilayah. pastikan kalian sudah googling lokasi kuliner favorit khas setempat dan lokasinya. jadi gak kebingungan lagi cari makan.


Wisata alam bisa jadi alternatif

menengguk penatnya Jakarta dan sekitarnya dalam keseharian, paru - paru jelas butuh oksigen alami dan mata juga butuh hijaunya rindang pepohonan. Kota Bandung punya banyak sekali taman, satu yang saya rekomendasikan adalah Forest Walk Babakan Siliwangi. jembatan kayu sejauh 2 kilometer tidak akan terasa ketika kita berjalan menembus rindangnya pepohonan disana. ditutup dengan beristirahat di bangku kayu sambil makan sate ayam oh nikmatnya.

Buat jadwal berlibur

jadwal liburan 2020
sumber : google.com
akhirnya satu yang paling penting dalam memanfaatkan hari libur akhir minggu ke Bandung dari Jakarta adalah perencanaan jadwal selama berlibur. sejak kalian keluar rumah sampai masuk rumah, buatlah tabel yang berisi jam, tujuan, dan catatan. pastikan liburan kalian terencana, tidak asal tabrak agar waktu libur yang terbatas bisa jadi berkesan dan bukan malah jadi capek saja. di waktu yang terbatas jangan terlalu banyak memilih destinasi wisata. seperlunya saja namun cukup. kurangi orientasi selfie. fokus pada tujuan relaksasi agar di hari kerja berikutnya fisik dan pikiran kalian bisa kembali fresh dan fokus.

intinya kita hidup janganlah diporsir untuk terus bekerja. pastikan work-life balance kalian tercapai karena hidup terlalu berharga jika hanya dihabiskan untuk bekerja semata. pada akhirnya Kota Bandung saya rekomendasikan sebagai salah satu destinasi berlibur untuk kalian yang berada di Jakarta dan sekitarnya.

                                                                       -TRAVEL COST-
Previous Post
Next Post

post written by:

0 comments: